griyaklinik
081326666630 sms 081326666630 081326666630 D889E9AF
ONLINE 24 JAM 0813 2666 6630

Artikel Kesehatan – Kolesterol Tinggi (Hiperlipidemia)

Thursday, November 16th 2017.

Kolesterol Tinggi (Hiperlipidemia)

Selama ini kalau kita mendengar kata ‘kolesterol’ maka yang terbayang adalah hal-hal yang tidak baik. namun tahukah anda bahwa ternyata tubuh kita memerlukan kolesterol itu sendiri.


Kolesterol adalah zat seperti lilin yang dapat ditemukan di lemak dalam darah. Dalam kadar yang normal tubuh memerlukan kolesterol untuk membentuk sel-sel seperti

  1. Sebagai bahan dasar pembentukan dinding atau membrane sel, misal: di otak, saraf, otot, kulit, hati, usus dan jantung.
  2. Mempertahankan bahan dasar pembentukan hormone steroid, misal: hormone seks.
  3. Membantu sintesa vitamin D dan metabolism vitamin larut lemak (vitamin A,D,E,K).
  4. Penyekat antara jaringan saraf dan otak.
  5. Membentuk lapisan pelindung pada selaput saraf.

Berdasarkan sumbernya, kolesterol dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

  1. Kolesterol endogen
    Kolesterol jenis ini dihasilkan oleh tubuh kita sendiri, yaitu sebagian besar oleh sel hati dan sisanya oleh organ tubuh yang lainnya. Kolesterol yang diproduksi oleh hati akan dikeluarkan bersama dengan cairan empedu dan nantinya akan diserap kembali di usus. Jika konsentrasi kolesterol di dalam cairan empedu terlalu tinggi, kolesterol dapat mengkristal membentuk batu empedu.Jika kadar kolesterol di dalam darah terlalu tinggi, dapat maka akan terjadi penempelan sebagian kolesterol di bagian dalam dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan pengerasan arteri dan menghambat kelancaran aliran darah.
  2. Kolesterol eksogen.
    Jenis kolesterol ini berasal dari luar tubuh kita, atau dalam kata lain kolesterol ini berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Kolesterol jenis ini terdapat pada semua lemak hewani, yang memberikan rasa enak dan nikmat ketika kita konsumsi. Bagaimana dengan makanan yang berasal dari nabati? Makanan yang tidak mengandung lemak hewani berarti tidak mengandung kolesterol atau kadarnya sangat sedikit sehingga dapat diabaikan.

Selain kolesterol endogen dan eksogen, berdasarkan sifatnya kolesterol juga dibagi menjadi 3 jenis yaitu

  1. Kolesterol Jahat
    Dalam bahasa medis kolesterol baik dikenal dengan istilah LDL (Low Density Lipoprotein). Kolesterol jenis ini dikatakan sebagai kolesterol jahat karena jika kadarnya terlalu tinggi di dalam darah akan menimbulkan plak pada dinding dalam pembuluh darah yang akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner ataupun stroke di kemudian hari.Kadar kolesterol ini dalam darah harus senantiasa rendah untuk menghindari resiko berbahay bagi kesehatan.
  2. Kolesterol Baik
    Kolesterol jenis ini dalam bahasa medis dikenal dengan istilah HDL atau High Density Lipoprotein. kolesterol ini berfungsi mengangkut kolesterol yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh kembali ke hati dan selanjutnya dikeluarkan dari tubuh. Selain itu, HDL berfungsi juga melepaskan sebagian LDL yang menempel di dinding arteri – sehingga memperlancar aliran darah. Kadar HDL harus senantiasa dijaga dalam keadaan tinggi. Karena fungsi HDL membantu melancarkan aliran darah maka HDL disebut juga sebagai “KOLESTEROL BAIK”.

Rentang Normal Kadar Kolesterol dalam Darah
Tingginya kadar kolesterol dan triglliserida dalam darah tidak selalu menimbulkan gejala apapun. Oleh karena itulah banyak orang tidak mengetahui ketika kadar kolesterol sudah tinggi. Disinilah pentingnya melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin.

No

Jenis kolesterol

Kadar dalam darah

Keterangan

1

Kolesterol Total

< 200mg/dL

Normal

200-239

Batas Atas

>240

Hiperkolesterolemia

2

LDL

<70mg/dL

Rentang normal untuk orang yang menderita penyakit jantung atau diabetes.

<100mg/dL

Rentang normal untuk orang yang memiliki resiko menderita penyakit jantung.

100-129mg/dl

Rentang normal untuk orang normal yang tidak memiliki penyakit jantung

130-159mg/dL

Batas atas jika tidak memiliki penyakit jantung. Bagi penderita penyakit jantung maka rentang tersebut termasuk tinggi.

150-189mg/dL

Tinggi bagi non penderita penyakit jantung. Sangat tinggi bagi penderita penyakit jantung.

>190mg/dL

Sangat tinggi

3

HDL

Pada wanita : <40mg/dL

Pada pria : <50mg/dL

Buruk

50-59mg/dL

Baik

>60mg/dL

Sangat baik

4

Trigliserida

<150mg/dL

Normal

150-199mg/dL

Batas atas

200-499

Tinggi

>500mg/dL

Sangat Tinggi

Lalu, apakah kolesterol yang terlalu rendah baik bagi tubuh kita? Tentu saja tidak. Dari hasil penelitian, jika kadar kolesterol < 120 mg/dL meningkatkan resiko depresi, kanker dan pendarahan otak.

Faktor Resiko Kolesterol Tinggi.
Kadar kolesterol dalam tubuh kita tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi tetapi juga tergantung seberapa cepat tubuh kita mengeluarkan kolesterol tersebut dari dalam tubuh kita.
Berikut ini adalah faktor resiko kplesterol tinggi:
# Faktor yang dapat dirubah

  1. Merokok
    Merokok dapat menurunkan HDL atau kolesterol baik dari waktu ke waktu. Ketika seseorang berhenti merokok maka dalam hitungan minggu kadar HDL nya akan setara dengan orang yang tidak pernah merokok.
  2. Kurangnya aktifitas fisik.
    Hal ini menyebabnya kelebihan lemak/ kolesterol dalam tubuh tidak diubah menjadi energi. . Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kadar HDL dalan tubuh kita.
  3. Kegemukan/ kelebihan berat badan
    Kelebihan berat badan memang cenderung meningkatkan LDL. Namun hal ini bukan berarti orang yang berbadan kurus tidak memiliki kadar kolesterol tinggi karena ug
  4. Konsumsi makanan yang tidak sehat.
    Hal ini juga termasuk terlalu banyak mengkonsumsi garam.
  5. Konsumsi alkohol berlebihan.
  6. Tekanan darah tinggi
  7. Memiliki kadar trigliserida tinggi
  8. Diabetes mellitus
  9. Gangguan fungsi ginjal.
  10. Stress

#Faktor resiko yang tidak dapat dirubah

  1. Riwayat keluarga.
  2. Usia dan jenis kelamin
    Sebelum usia menopause wanita umumnya terlindungi dari bahaya LDL tinggi karena esterogen yang dimiliki cenderung meningkatkan HDL. Pria tidak memiliki perlindungan yang sama. Namun setelah menopause, resiko PJK pada wanita meningkat tajam sehingga menyamai pria.

Komplikasi Hiperkolesterolemia
Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan atherosklerosis yaitu kondisi dimana terjadinya akumulasi kolesterol dan plak pada dinding arteri. Plak dapat menghambat aliran darah pada pembuluh darah arteri. Berikut komplikasi yang dapat terjadi :

  1. Nyeri dada
    Pembuluh darah arteri adalah bagian dari tubuh yang mengirimkan darah pada jantung. Jika kerja pembuluh darah arteri terhambat maka dapat menyebabkan terjadinya nyeri dada atau angina dan gejala lain dari penyakit jantung.
  2. Serangan jantung
    Jika plak pada dinding pembuluh darah bocor atau pecah dan terjadi pembekuan darah maka dapat menghambat peredaran darah pada pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan pengiriman darah ke jantung juga terhambat. Hal tersebut menyebabkan serangan jantung.
  3. Stroke
    Seperti pada serangan jantung, jika aliran darah ke otak terhambat karena terjadi pembekuan darah maka dapat menyebabkan terjadinya stroke.

Penanganan dan pencegahan kolesterol tinggi
Perubahan gaya hidup seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat adalah langkah awal untuk menangani hiperkolesterolemia. Jika perubahan gaya hidup tetapi kadar kolesterol Anda tetap tinggi maka berkonsultasilah dengan Dokter untuk mendapatkan terapi pengobatan. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui untuk menangani hiperkolesterolemia :

  1. Berkonsultasi dengan dokter terkait hasil pemeriksaan kadar kolesterol untuk mendapatkan diagnosa dan pilihan terapi pengobatan atau perubahan gaya hidup.
  2. Mengkonsumsi suplemen untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan suplemen yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol adalah seperti : Omega-3, Beta-Sitosterol, Oat bran, Sitostanol.
  3. Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan jantung seperti :
  4. Mengkonsumsi lemak yang sehat.
    Lemak jenuh dan trans fat dapat meningkatkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah. Maka dapat memiliki kandungan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari (canola oil). Alpukat, kacang almond adalah contoh sumber lemak yang sehat.
  5. Berhenti mengkonsumsi trans fat
    Trans fat dapat meningkatkan kadar LDL dalam darah dan menurunkan kadar HDL dalam darah. Sumber makanan yang mengandung trans fat  adalah margarin, kue kering (cookies), dan cakes.
  6. Membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol seperti daging tanpa lemak, kuning telur dan susu.
  7. Lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran.
  8. Mengkonsumsi ikan laut yang dapat menyehatkan jantung seperti tuna dan salmon karena mengandung omega-3.
  9. Mengubah cara pengolahan makanan.
    Mengolah makanan dengan merebus, mengukus dan tim dapat membantu mengurangi kolesterol. Membatasi mengolah makan dengan cara digoreng. Apabila perlu menggoreng makanan maka agar aman dapat menggunakan minyak zaitun. Dan sebaikya tidak menggunakan minyak yang sama lebih dari 3 kali menggoreng.
  10. Membatasi konsumsi minuman beralkohol.
  11. Menjaga berat badan agar tetap atau menjadi ideal dengan cara melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.
  12. Berhenti merokok karena rokok dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan kecepatan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.

Produk terbaru

Rp 230.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 081326666630
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeGREAT PENIS
Nama BarangOBAT KUAT GREAT PENIS TABBLET GREAT PENIS
Harga Rp 230.000 250.000
Anda HematRp 20.000 (8.00%)
Lihat Detail
Rp 300.000 350.000
Order Sekarang » SMS : 081326666630
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeVIBRA WIRELES
Nama BarangVIBRA GETAR WIRELES REMOT KONTROL
Harga Rp 300.000 350.000
Anda HematRp 50.000 (14.29%)
Lihat Detail
New
Rp 550.000
Order Sekarang » SMS : 081326666630
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeMAGNA RX
Nama BarangOBAT MAGNA RX ASLI
Harga Rp 550.000
Lihat Detail
New
Rp 1.300.000 1.200.000
Order Sekarang » SMS : 081326666630
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangVAKUM PEMBESAR PENIS BATHMATE
Harga Rp 1.300.000 1.200.000
Anda HematRp -100.000 (-8.33%)
Lihat Detail
New
Rp 500.000
Order Sekarang » SMS : 081326666630
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kodepenirum
Nama Barangobat penirum pembesar penis
Harga Rp 500.000
Lihat Detail
Rp 230.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 081326666630
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kodev9 tian
Nama Barangobat kuat v9 tian
Harga Rp 230.000 250.000
Anda HematRp 20.000 (8.00%)
Lihat Detail
Rp 230.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 081326666630
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kodev9 tian
Nama Barangobat v9
Harga Rp 230.000 250.000
Anda HematRp 20.000 (8.00%)
Lihat Detail
Rp 230.000 250.000
Order Sekarang » SMS : 081326666630
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangV9 tian
Harga Rp 230.000 250.000
Anda HematRp 20.000 (8.00%)
Lihat Detail
081326666630
081326666630
D889E9AF
081326666630